Daftar Sertifikat Keahlian SKA

Daftar Sertifikat Keahlian SKA - Undang-undang No. 18 th. 1999 mengenai Layanan Konstruksi serta PP yang berkaitan (PP No. 28, 29 serta 30 th. 2000) sudah berlaku efisien, hingga pelaku layanan konstruksi memperoleh pernyataan profesi dengan cara hukum, berarti kalau sesuai sama Undang-undang mengenai Layanan Konstruksi pasal 8 serta pasal 9, beberapa pelaku yang mempunyai Sertifikat Klasifikasi serta kwalifikasi untuk tubuh usha serta sertifikat ketrampilan atau sertifikat keterampilan untuk tenaga perseorangan saja yang bisa bekerja di bagian layanan konstruksi, dan bertanggungjawab pada hasil pekerjaannya (pasal 11 UUJK). 

HPJI mulai sejak RUNI 2000 sudah mengubah diri jadi Asosiasi Profesi yakni wadah beberapa professional di bagian jalan serta jembatan., serta bln. April 2002 ini Insya Allah bakal memperoleh akreditasi dari LPJK. 

Disamping Doa Nabi Yunus dan Drama Korea Yang Kami Posting sebelumnya. Lantaran status HPJI sekarang ini sebagai asosiasi profesi, jadi HPJI memiliki kewenangan untuk menerbitkan Sertifikat Ketrampilan serta Sertifikat Keterampilan pada anggotanya terutama dalam bagian Jalan serta Jembatan. 

Daftar Sertifikat Keahlian SKADari buku dasar Sertifikasi serta Regristasi Ketrampilan di Bagian jalan serta Jembatan yang di keluarkan oleh DPP HPJI, cakupan ketrampilan yang diklasifikasikan sebagai ketrampilan di bagian jalan serta jembatan mencakup lingkup service Rencana, Proses serta Pengawasan yang dikualifikasikan jadi 3 tingkatan : 

Pakar Muda (# 1 serta # 2), level paling rendah 
Pakar Madya, level menengah 
Pakar Paling utama, level paling tinggi 

Untuk mengambil keputusan tingkat kwalifikasi untuk semasing lingkup service dikerjakan dengan system pembobotan atau sstem ujian. 

Dalam Berita Hari Ini. Untuk yang telah ikuti program sertifikasi GS (General Superetendent) serta program TIKS (Tenaga Inti Konsultan Supervisi) yang dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga atau Direktorat Jenderal Prasarana Lokasi yang saat ini berlaku bisa dikonversi jadi Sertifikat Pakar Pelaksana serta Sertifikat Pakar Pengawas. Untuk tingkat Pakar Muda # 2 persayaratannya begitu enteng, yakni memiliki pendidikan S1 Tehnik Sipil atau D3 Jalan/Jembatan/Sipil, ditujukan untuk berikan peluang kerja (magang) untuk pemula. 

Daftar Sertifikat Keahlian SKA Kwalifikasi tenaga pakar Layanan Konstruksi yaitu ; 
1. Pakar Utama 
2. Pakar Madya 
3. Pakar Muda 

Satu diantara kriteria paling utama untuk ajukan permintaan Sertifikasi serta Registrasi Tubuh Usaha bagian Layanan Konstruksi yaitu mempunyai tenaga pakar bersertifikat ketrampilan (SKA) untuk diputuskan sebagai Penanggung Jawab Tehnik (PJT) atau Penanggung Jawab Bagian (PJB). 
SKA itu di keluarkan oleh asosiasi profesi layanan konstruksi yang sudah diakreditasi Instansi Pengembangan Layanan Konstruksi (LPJK). 

SKA untuk tenaga pakar perusahaan Layanan Perencana serta Layanan Pengawas Konstruksi (konsultan) 

Tiap-tiap perusahaan layanan perencana konstruksi serta layanan pengawas konstruksi yang menginginkan ajukan permintaan Sertifikasi serta Registrasi Tubuh Usaha baik untuk kelompok Kecil, Menengah atau Besar (Gred 2, Gred 3 atau Gred 4) mesti mempunyai tenaga pakar bersertifikat ketrampilan (SKA) sebagai kriteria agar bisa diputuskan sebagai Penanggung Jawab Tehnik (PJT) serta Penanggung Jawab Bagian (PJB).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Daftar Sertifikat Keahlian SKA