Penunjukan Langsung Pengadaan Barang Jasa Perpres 4 Tahun 2015

Penunjukan Langsung Pengadaan Barang Jasa Perpres 4 Tahun 2015Penunjukan Langsung yaitu satu diantara cara pelelangan yang ada pada Perpres 54 Th. 2010 yang sudah direvisi jadi Perpres 4 Tahun 2015. Sampai kini banyak masalah penunjukan segera yang bermuara di penjara, di mana terlebih dulu beberapa petinggi dengan seenak hati menunjuk segera pengadaan tanpa ada melihat ketentuan yang ada, mereka menunjuk beberapa orang paling dekat mereka, makelar atau beberapa orang dilingkaran kekuasaan mereka untuk keuntungan pribadi atau grup mereka dengan mark up harga, kolusi, korupso ataupun nepotisme.

Dalam Berita Hari Ini, Dalam pengadaan barang serta layanan dalam Perpres 4 Tahun 2015 penunjukan segera nyaris sama juga dengan ketentuan lama namun ada banyak hal yang ditambahkan. Penunjukan segera dikerjakan tanpa ada batasan nilai serta cuma dikerjakan untuk pengadaan dalam kondisi spesifik atau barang/pekerjaan konstruksi/layanan konsultansi/layanan yang lain yang berbentuk spesial. Jadi petinggi pengadaan/Panitia/PPK/KPA mesti banyak bikin pertimbangan atau dalam makna memikirkan seribu kali dalam lakukan penunjukan segera. (Baca Juga : Profil Yuki Kato)

Tidak dibahas dalam Berita Islam. Grup Kerja ULP/Petinggi Pengadaan mengambil keputusan cara Penunjukan Segera sesuai sama persyaratan yang diputuskan dalam Ketentuan Presiden No. 54 Th. 2010 yang paling akhir dirubah dengan Ketentuan Presiden No. 70 Th. 2012 beserta panduan teknisnya dengan cara Pemasukan Dokumen Penawaran memakai cara 1 (satu) sampul serta Pelajari kwalifikasi dikerjakan dengan system gugur serta dilanjutkan dengan klarifikasi tehnis serta negosiasi harga.

1) Bagian serta jadwal Penunjukan Segera dibedakan untuk :
a) perlakuan darurat ; dan
b) bukanlah perlakuan darurat.
2) Bagian Penunjukan Segera untuk perlakuan darurat mencakup :

pernyataan kondisi darurat dari petinggi yang berwenang sesuai sama ketentuan perundang-undangan


kesepakatan pemakaian biaya dari PA atau dana siap gunakan untuk penanggulangan bencana yang disiapkan oleh Pemerintah dalam biaya Tubuh Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ;
PPK menerbitkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) sesudah memperoleh kesepakatan dari PA, pada Penyedia paling dekat yang tengah melakukan pekerjaan semacam atau Penyedia lain yang dinilai dapat serta penuhi kwalifikasi untuk melakukan pekerjaan itu ;


Sistem serta administrasi Penunjukan Segera dikerjakan dengan cara simultan, seperti berikut : (1) opname pekerjaan di lapangan (jika dibutuhkan) ; (2) penetapan type, spesifikasi serta volume pekerjaan, dan saat penyelesaian pekerjaan ; (3) pengaturan serta penetapan HPS ; (4) pengaturan Dokumen Pengadaan ; (5) penyampaian Dokumen Pengadaan pada Penyedia ; (6) pemasukan Dokumen Penawaran ; (7) pembukaan Dokumen Penawaran ; (8) klarifikasi serta negosiasi tehnis serta harga ; (9) pengaturan Berita Acara Hasil Penunjukan Segera ; (10) penetapan pemenang ; serta (11) pengumuman.

3) Bagian Penunjukan Segera bukanlah untuk perlakuan darurat mencakup :

  1. undangan pada peserta dipilih dilampiri Dokumen Pengadaan ;
  2. pemasukan Dokumen Kwalifikasi ;
  3. pelajari kwalifikasi ;
  4. pembuktian kwalifikasi ;
  5. pemberian penjelasan ;
  6. pemasukan Dokumen Penawaran ;
  7. pelajari penawaran dan klarifikasi serta negosiasi tehnis serta harga ;
  8. pengaturan Berita Acara Hasil Penunjukan Segera ;
  9. penetapan Penyedia ; dan
  10. pengumuman Penyedia ;
  11. Pengaturan jadwal proses Penunjukan Langsung
  12. diserahkan pada Grup Kerja ULP/Petinggi Pengadaan. 
Semoga bermanfaat

Baca Juga : Artis Korea Agama Islam dan Doa Yang di Dengar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penunjukan Langsung Pengadaan Barang Jasa Perpres 4 Tahun 2015