Syarat PPK Pejabat Pembuat Komitmen


Syarat PPK Syarat PPK sesuai Pasal 12 Perpres 70 Tahun 2012 - Sebagian institusi pusat yang masihlah belum melakukan Ketentuan Presiden (Perpres) Nomer 53 Th. 2010 mengenai Dasar Penyelenggaraan APBN, yakni memerintahkan pengangkatan PPK tiap-tiap th. biaya, sekarang ini tengah bersiap-siap untuk mengangkat PPK th. 2012.

Disamping Gaji PNS yang lumayan besar. Hal semacam ini sesungguhnya adalah satu diantara penyebabnya molornya proses pengadaan barang/layanan tiap-tiap th., serta adalah penyebabnya terjadinya bottleneck atau penyumbatan dalam daya serap, lantaran pengadaan barang/layanan menanti PPK baru di SK-kan atau dilantik. Walau sebenarnya telah sangat terang pada Pasal 5 Ayat (4a) Perpres Nomer 53 Th. 2010 mengatakan kalau pengangkatan serta pemberhentian petinggi yang terkait dengan dokumen biaya (PPK, Atasan Segera Bendaharawan, serta Bendaharawan) tak terikat th. biaya.

Berarti, Pejabat Pembuat Komitmen yang sekarang ini tengah menjabat, masihlah selalu menjabat sebagai PPK sepanjang SK masihlah berlaku serta belum dicabut. Begitulah Hukum yang berlaku di Negara ini. Karena tidak berlaku Hukum Islam.

Namun, bila hal itu masihlah berlangsung, mudah-mudahan bisa diperbaiki pada pengangkatan PPK th. 2012. 


Berikut disajikan syarat-syarat untuk menjadi Seorang Pejabat Pembuat Komitmen :
  
Pasal 12 Perpres 70 Tahun 2012
 
(1) PPK merupakan Pejabat yang ditetapkan oleh PA/KPA untuk melaksanakan Pengadaan Barang/Jasa.


(2) Untuk ditetapkan sebagai PPK harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. memiliki integritas; 
  2. memiliki disiplin tinggi; 
  3. memiliki tanggung jawab dan kualifikasi teknis serta manajerial untuk melaksanakan tugas;
  4. mampu mengambil keputusan, bertindak tegas dan memiliki keteladanan dalam sikap perilaku serta tidak pernah terlibat KKN;
  5. menandatangani Pakta Integritas;
  6. tidak menjabat sebagai Pejabat Penanda Tangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) atau Bendahara; dan :
  7. memiliki Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang/ Jasa. 
(2a) Persyaratan tidak menjabat sebagai PPSPM sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf f, dikecualikan untuk PA/KPA yang bertindak sebagai PPK.
(2b) Dalam hal tidak ada personil yang memenuhi persyaratan untuk ditunjuk sebagai PPK, persyaratan pada ayat (2) huruf g dikecualikan untuk:

  1. PPK yang dijabat oleh pejabat eselon I dan II di K/L/D/I; dan/atau 
  2. PA/KPA yang bertindak sebagai PPK.
(3) Persyaratan manajerial sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf c adalah:
  1. berpendidikan paling kurang Sarjana Strata Satu (S1) dengan bidang keahlian yang sedapat mungkin sesuai dengan tuntutan pekerjaan; 
  2. memiliki pengalaman paling kurang 2 (dua) tahun terlibat secara aktif dalam kegiatan yang berkaitan dengan Pengadaan Barang/Jasa; dan
  3. memiliki kemampuan kerja secara berkelompok dalam melaksanakan setiap tugas/pekerjaannya.
  4. Dalam hal jumlah Pegawai Negeri yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) huruf a terbatas, persyaratan pada ayat (3) huruf a dapat diganti dengan paling kurang golongan IIIa atau disetarakan dengan golongan IIIa. 
Baca Juga : Cara Mengirim File Lewat Email

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Syarat PPK Pejabat Pembuat Komitmen